Kamis, 13 Januari 2011 | By: Ryfa

JADILAH VEGAN!!BUMI KITA SEMAKIN PANAS...


Masalah Global warming atau pemanasan global memang sudah tidak asing lagi. Penyebabnya tidak lain berasal dari manusia sendiri. Pemanasan global (global warming) pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Dimana panas yang diterima bumi dari sinar matahari yang seharusnya di pantulkan kembali ke luar angkasa, itu malah dipantulkan kembali ke bumi oleh adanya awan polusi.
Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio-geofisik (seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, perubahan jumlah dan pola presipitasi, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit, dsb).
Sedangkan dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat meliputi :
a.       gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai,
b.      gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan, pelabuhan dan bandara
c.       gangguan terhadap permukiman penduduk,
d.      pengurangan produktivitas lahan pertanian,
e.       peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit, dsb).
Bagaimana cara menghentikan pemanasan global?
            Pengeluaran gas dari kutub dan laut, tidak bisa kita hentikan. Namun pengeluaran gas dari binatang, kita bisa hentikan.Dengan menjadi vegetarian (tidak mengkonsumsi produk hewani, misalnya daging binatang, susu, telur, keju), kita bisa menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Jumlah populasi hewan ternak saat ini jauh lebih banyak, melebihi populasi manusia. Jumlah yang besar ini diakibatkan oleh permintaan konsumsi daging dari masyarakat yang besar. Seandainya permintaan daging masyarakat sedikit, jumlah populasi hewan ternak juga akan menurun. Mereka tumbuh secara tidak alami, diberi obat dll...
            Konsumsi daging membawa dampak yang sangat parah bagi bumi kita. Konsumsi daging dapat menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh. Konsumsi daging menyebabkan kelaparan, kekurangan air dan kekeringan di mana-mana. Konsumsi daging menyebabkan hutan-hutan dibabat habis demi membangun peternakan. Konsumsi daging memberikan polusi luar biasa besar bagi bumi, mulai dari transportasi makanan, obat-obatan, dan daging dari peternakan ke pasar, hingga limbah yang mereka buang, semua memberi dampak negatif yang sangat berat bagi lingkungan kita. Karena kelaparan dan kemiskinan, munculah apa yang kita sebut perang.
               Sementara konsumsi daging menyebabkan banyak kerugian, pemanasan global pun tidak mau kalah. Perubahan cuaca yang drastis di berbagai negara menyebabkan banyak penyakit dan gagal panen. Bencana terjadi dimana-mana. Ini semua disebabkan oleh pemanasan global. Sumber-sumber mata air mulai meleleh, misalnya sumber mata air di Pegunungan Himalaya. 


Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk menghentikan pemanasan global?
               Mengurangi, kalau perlu menghentikan konsumsi daging adalah langkah terbaik dan tercepat untuk menghentikan pemanasan global. Menjadi vegetarian adalah langkah yang sangat penting, sementara kita melakukan hal-hal yang lain. Misalnya, menghemat listrik, menghemat penggunaan sumber daya alam, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, AC. Membuang-buang makanan dengan tidak perlu. Membuang sampah sembarangan. Masih banyak lagi. Namun ini semua adalah pengobatan dari luar.
               Sama seperti penyakit. Ada penyakit yang memberi efek samping ke kulit. Kita seharusnya menyembuhkan penyakit ini dari dalam, sehingga bintik-bintik merah di kulit ikut hilang. Bukan dengan mengobati kulit kita, tapi tidak memperhatikan penyakit dari dalam.
               Begitu pula dengan pemanasan global. Konsumsi daging dan peternakan adalah penyebab utama dari pemanasan global. Dengan menghentikan konsumsi daging, kita menyembuhkan bumi ini dari dalam. Hal-hal lain seperti membuang sampah pada tempatnya, menggunakan tenaga surya dan angin, dan banyak lagi, itu semua hanyalah pengobatan dari luar.
               Tentu penghentian konsumsi daging terasa sangat berat. Ini hanyalah pada awal saja! Selanjutnya, kita akan terbiasa. Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah menjadi vegetarian seminggu sekali. Dalam 7 hari, 1 hari kita menjadi vegetarian = menanam pohon hingga tumbuh besar! Bayangkan jika kita menjadi vegetarian selamanya. Menjadi vegetarian saat ini sangatlah mudah. Ada banyak depot vegetarian, menyediakan makanan yang nikmat, dan juga cinta alam. Saat ini, depot vegetarian memang sedikit dan agak mahal, namun dengan semakin banyaknya konsumen yang ada, jumlah depot dan bahan vegetarian ini juga akan semakin meningkat dengan harga yang lebih bersahabat..Prinsip ekonomi kan? Hehe...

Maka dari itu, mari kita semua berubah ke arah yang lebih baik. Demi kita, demi
masa depan, dan demi bumi..

Jadilah vegan, bertindak hijau, selamatkan bumi!!! ^^



1 komentar:

Posting Komentar