Rabu, 26 Januari 2011 | By: Ryfa

Pasar Tradisional Juga Tidak Kalah dengan Pasar Modern



Tidak dapat dipungkiri lagi, saat ini pasar modern sangat lekat di tengah-tengah masyarakat. Tidak hanya di kota metropolitan tetapi sudah sampai kota kecil di tanah air. Kita sangat mudah menjumpai minimarket, supermarket bahkan hipermarket di sekitar tempat tinggal kita. Kehadiran pasar modern yang memberikan banyak kenyamanan dengan harga yang tidak kalah menariknya membuat sebagian orang enggan untuk berbelanja ke pasar tradisional. Berbagai alasan mungkin akan dilontarkan banyak orang tentang pasar tradisional. Mulai dari kondisi pasar yang becek dan bau, malas tawar menawar, faktor keamanan, penuh sesak, dan sejumlah alasan lainnya.
Padahal pasar tradisional juga masih memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki pasar modern. Diantaranya adalah masih adanya kontak sosial saat tawar menawar antara pedagang dan pembeli. Tidak seperti pasar modern yang memaksa konsumen untuk mematuhi harga yang sudah dipatok. Pasar tradisional lebih menggambarkan bagaimana keadaan perekonomian masyarakat kebanyakan pada saat ini. Mereka masih menggantungkan hidupnya disana. Misalnya dengan berdagang, menjadi kuli angkut, dan masih banyak lagi.
Sebenarnya tidak ada yang salah dengan keberadaaan pasar modern. Sudah menjadi sifat konsumen yang mengikuti tuntutan gaya hidup modern, dimana akan lebih senang memilih tempat yang lebih nyaman, barang lebih lengkap dan harga lebih murah, di mana hal tersebut bisa diakomodasi pasar modern. Padahal di zaman sulit seperti saat ini, orang harus lebih cermat dan bijak dalam berbelanja, termasuk ketika membeli kebutuhan hidup sehari-hari. Jika selama ini terbiasa berbelanja bulanan di supermarket atau pasar modern lainnya, sudah waktunya melirik kemungkinan berbelanja di pasar tradisional. Selain lebih murah, kita pun bisa turut membantu meningkatkan taraf kesejahteraan para pedagang kecil.
Banyak sekali perbandingan antara pasar tradisional dan pasar modern, antara lain : 

Harga barang : Barang-barang yang dijual di pasar tradisional dan pasar modern memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Harga suatu barang di pasar tradisional bahkan bisa sepertiga dari harga barang yang sama yang dijual di pasar modern.  

Tawar menawar : Berbelanja di pasar tradisional memungkinkan pembeli untuk menawar harga barang-barang hingga mencapai kesepakatan dengan pedagang. Jika cukup pintar menawar, kita bisa mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah. Sedangkan di pasar modern, pembeli tidak mungkin melakukan tawar menawar karena semua barang telah dipatok dengan harga pas.

Diskon : Sejumlah pasar modern memang sering memberikan berbagai penawaran yang menggiurkan. Akan tetapi, perlu diperhatikan apakah hal tersebut merupakan strategi agar pembeli bersikap lebih konsumtif.  

Kenyamanan berbelanja : Berbelanja di pasar modern memang jauh lebih nyaman dibanding berbelanja di pasar tradisional. Berbagai supermarket memiliki area yang lebih luas, bersih, rapi, dan dilengkapi dengan pendingin ruangan. Sedangkan pasar tradisional menempati area yang lebih sempit, sumpek, sesak, dan tak jarang mengeluarkan bau kurang sedap.

0 komentar:

Posting Komentar